JAKARTAdisadur dari Sindonews, Sebanyak 92 atlet berusia 7-12 tahun mengikuti Kejuaraan Taekwondo Jurus Junior 2023. Mereka terbagi dalam kelas anak-anak dan junior serta tingkatan sabuk mereka masing-masing. Turnamen tingkat anak-anak itu berlangsung di Sekolah Regina Pacis, Slipi, Jakarta Barat, pada Minggu (10/12/2023).

Dari pantauan MNC Portal di lokasi, pertandingan dimulai dengan kelas anak-anak sejak pukul 09.00 WIB. Mereka nampak sangat antusias melakukan persiapan, mulai dari pemanasan hingga menghafal jurus-jurus yang akan mereka tampilkan. Begitu bertanding, mereka nampak sangat percaya diri mengeluarkan jurus-jurus yang diinstruksikan oleh juri. Berbagai gerakan mereka keluarkan dengan sepenuh tenaga dan konsentrasi agar nampak mulus dan apik di mata juri. Angela Tanoesoedibjo Bangga sang Putri Debut di Kejuaraan Taekwondo Jurus Junior Indonesia ITF 2023 Salah satu peserta yang ikut berkompetisi adalah putri dari Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo, yakni Madeline Dharmajaya. Bocah berusia 8 tahun itu turun di kelas sabuk hijau anak-anak.

Angela mengapresiasi inisiatif International Taekwondo Federation (ITF) menggelar Kejuaraan Taekwondo Jurus Junior 2023. Menurutnya, ajang olahraga seperti ini sangat bagus untuk menempa mental anak-anak muda Indonesia serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk bisa berprestasi. “Sebelumnya saya kan sempat jadi CdM (Chef de Mission/Ketua Kontingen) Asian Para Games 2023, di situ saya melihat sebenarnya di Indonesia ini banyak talenta muda luar biasa, apalagi hari ini jumlah generasi muda kita kan memang lebih besar. Jadi, kita sudah seharusnya berpihak kepada generasi muda, menumbuhkan rasa percaya diri mereka, dan memberikan ruang untuk mereka bia terus meningkatkan kapasitas mereka di bidang olahraga,” kata Angela kepada Tim MNC, Minggu (10/12/2023).

“Taekwondo ini menurut saya cabor yang bagus, tiap sebelum memulai latihan mereka kan ada reciting suatu statement di taekwondo kalau mereka harus berintegritas, kompetitif, dsb. Menurut saya itu penting sekali,” tambahnya. “Jadi olahraga itu penting untuk anak-anak bisa tumbuh percaya dirinya. Lalu, itu juga menjadi peluang untuk generasi muda berkarier di masa datang. Tentunya saya akan terus mendukung bagaimana generasi muda kita terus berkarya di bidang olahraga,” tuturnya. David Kurniawan sebagai Ketua Panitia Pelaksana menilai turnamen ini merupakan untuk memberikan apresiasi semangat kepada para siswa junior selama ini dalam ketekunan berlatih. Oleh sebab itu maka tema “we are the winner” merupakan simbolik penghargaan kepada seluruh para peserta bahwa mereka semua adalah sang juara, Menang dari Ketekunan dan Kediplinan berlatih selama ini. “Harapan besar kedepannya bagi para siswa Taekwon-Do di Indonesia ITF termotivasi untuk dapat mempersiapkan diri ke event yang lebih besar seperti Kejuaraan di Malaysia dan Kejuaraan Asia Di India tahun 2024,” ujar David. Sekretaris Jenderal Indonesia ITF, Chandra Lesmana, pun menilai prestasi dalam keikutsertaan IITF telah terbukti selama ini dalam mengikuti beberapa kejuaraan di Singapore dan Malaysia pada beberapa waktu lalu.

Sumber : https://edukasi.sindonews.com/read/1022329/212/latih-kepedulian-anak-sekolah-regina-pacis-gandeng-mnc-peduli-galang-1000-buku-1676350932

Leave a Comment