Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 seluruhnya dilakukan secara online. Hal ini disebabkan kondisi pandemi yang tidak memungkinkan adanya pendaftaran peserta didik secara offline dengan datang ke sekolah karena dapat menimbulkan terjadinya kerumunan.

Di samping itu, PPDB SIAP Online dipilih agar penerimaan siswa bisa berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan nondiskriminatif. Begini penjelasan lengkap mengenai PPDB online.

Mengenai PPDB SIAP Online

PPDB SIAP Online adalah sebuah sistem layanan yang dirancang untuk memfasilitasi pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru. Segala hal yang berhubungan dengan proses pendaftaran, seleksi, penerimaan, hingga pengumuman hasil dijalankan dengan sistem berbasis waktu nyata atau real time. Jadi, sangat minim kecurangan yang bisa dilakukan untuk memengaruhi alur proses pendaftaran.

Sistem berbasis online ini disediakan Telkom sebagai bentuk dukungan terhadap implementasi penerimaan peserta didik baru sesuai dengan Permendikbud No. 44 Tahun 2019. Di dalam peraturan tersebut, dikatakan bahwa sistem pendaftaran dan penerimaan murid baru harus mengutamakan kebutuhan masing-masing dari pemerintah daerah kota, provinsi, dan kabupaten melalui sistem zonasi domisili.


Konsep PPDB Online Telkom SIAP

Bila Anda sudah mendengar berita mengenai penerimaan murid baru tahun ajaran 2020/2021 yang dilakukan melalui sistem zonasi, jalur prestasi, afirmasi, dan lainnya, itu semua adalah contoh konsep PPDB SIAP Online yang ditawarkan Telkom. Semua konsep penerimaan siswa ini terintegrasi menjadi satu. Sekolah yang ingin menggunakan sistem ini dalam rangka mengikuti Permendikbud dapat mengajukan pendaftaran ke Telkom terdekat.

Secara umum, ada empat konsep PPDB yang ditawarkan Telkom, yaitu jalur prestasi, jalur perpindahan orang tua atau wali, jalur afirmasi, dan jalur zonasi. Jalur prestasi diperuntukkan bagi calon siswa yang memiliki banyak pencapaian di luar bidang yang diajarkan di sekolah. Jalur perpindahan orang tua atau wali adalah jalur untuk siswa yang orang tuanya pindah domisili karena tugas.

Lalu, jalur afirmasi untuk calon peserta didik yang berasal dari ekonomi menengah ke bawah atau tidak mampu. Terakhir, jalur zonasi adalah jalur penerimaan peserta didik baru dilihat dari domisili dan wilayah zonasi sesuai ketetapan pemerintah.

Keunggulan PPDB SIAP Online

Model penerimaan peserta didik baru melalui online tidak hanya menguntungkan pihak orang tua calon murid saat pendaftaran, tapi juga pihak sekolah. Akses layanan PPDB online sudah berbasis cloud dan web sehingga pihak sekolah tidak perlu mengunduh hardware atau software tertentu, cukup dengan internet saja. Sedangkan, bagi orang tua peserta didik, keuntungan menggunakan PPDB online adalah layanan ini dapat diakses melalui laptop, desktop, maupun mobile phone.

Berikut ini keunggulan PPDB online bagi sekolah dan orang tua peserta didik.

  • Keuntungan bagi sekolah dan dinas pendidikan
  • Meningkatkan reputasi sekolah karena dapat menyelenggarakan penerimaan peserta didik melalui online.
  • Menekan biaya penyelenggaraan PPDB dan mengurangi risiko KKN.
  • Memberikan akses pendidikan yang lebih luas kepada masyarakat.
  • Adanya basis data terintegrasi bagi sekolah dan dinas pendidikan.
  • Keuntungan bagi siswa dan orang tua
  • Tidak perlu repot datang ke sekolah dan antre mengikuti proses pendaftaran maupun seleksi.
  • Mempermudah akses informasi penerimaan siswa baru.
  • Proses pendaftaran jadi lebih simpel, tertib, dan mudah dipantau.
  • Merasakan pelayanan pendaftaran memuaskan dari pihak sekolah dan dinas pendidikan.

Kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan PPDB SIAP Online membuat layanan ini layak dipertimbangkan sekolah. Dengan begitu, baik calon peserta didik maupun orang tua akan mendapatkan pengalaman pendaftaran yang memuaskan.