Pendaftaran PPDB online SMP DKI Jakarta memang masih jauh, namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri lebih awal. Dengan persiapan matang, maka mental pun lebih siap.

Strategi untuk mendapatkan sekolah impian pun akan lebih detail. Nah, berikut ini adalah panduan pendaftaran PPDB online untuk tingkat SMP DKI Jakarta yang perlu diketahui. Untuk lebih memudahkan, panduan akan dibagi menjadi tiga sesuai dengan tahapan pendaftaran.

Tahap pra-pendaftaran

Menyesuaikan PPDB online SMP DKI Jakarta pada 2020, seluruh proses pendaftaran dilakukan melalui website ppdb.jakarta.go.id. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan beberapa dokumen yang menjadi syarat pendaftaran, berupa:

  • Akte Kelahiran
  • Kartu Keluarga
  • Salinan rapor mulai dari kelas 4 hingga kelas 6 semester 1
  • Salinan sertifikat akreditasi SD asal
  • Surat pernyataan keabsahan dokumen yang bermaterai Rp6.000 dan telah ditandatangani orang tua atau wali siswa

Seluruh syarat pendaftaran nantinya akan diunggah ke situs PPDB online DKI Jakarta dalam bentuk soft file serta mengikuti format yang disyaratkan panitia penyelenggara.

Setelah semua berkas lengkap, buka situs PPDB online DKI Jakarta dan membuat akun baru. Tunggu verifikasi akun dari sistem dan kemudian isilah formulir pendaftaran. Tahapan selanjutnya adalah mengunggah seluruh berkas yang menjadi syarat pendaftaran. Jika berhasil, Anda akan mendapatkan Tanda Bukti Pengajuan yang melampirkan PIN pendaftaran.

Langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi PIN. Caranya, masukkan nomor peserta yang tercantum pada Daftar Nominasi Tetap (DNT) PPDB SMP DKI Jakarta. Kemudian, ganti PIN dengan password. Sekarang, Anda sudah bisa masuk ke tahap selanjutnya.


Tahap pendaftaran

Usai tahap pra-pendaftaran, sekarang masuk ke tahap pendaftaran. Di sini siswa dapat memilih sekolah tujuan yang diinginkan. Setelah memilih, Anda bisa mencetak Tanda Bukti Pendaftaran. Selain memilih sekolah tujuan, pada tahapan ini calon siswa juga wajib melakukan lapor diri.

Untuk melakukan proses lapor diri, buka halaman muka website PPDB DKI Jakarta. Setelah masuk ke akun calon siswa, pilih opsi Lapor Diri. Anda akan diarahkan untuk mencetak Tanda Bukti Lapor Diri.

Perlu diingat, seluruh pelayanan pada website PPDB online DKI Jakarta dibuka setiap Senin hingga Sabtu, mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Pastikan Anda melakukan proses pendaftaran pada waktu operasional untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Tahap Seleksi

Tahapan akhir dari PPDB online SMP DKI Jakarta adalah tahap seleksi. Pada tahap ini, sekolah akan menyeleksi calon siswa yang sesuai dengan kriteria penerimaan. Perlu diketahui juga, dalam PPDB online SMP DKI Jakarta tahun 2020 lalu, terdapat beberapa kategori seleksi. Ada kategori zonasi, afirmasi, prestasi akademik dan luar DKI Jakarta, serta jalur pindah tugas orang tua/wali siswa.

Masing-masing kategori memiliki kriteria penerimaan masing-masing. Untuk kategori zonasi, misalnya, kriteria penerimaan adalah zona domisili calon siswa. Semakin dekat dengan lokasi sekolah, maka semakin besar peluangnya untuk diterima. PPDB online SMP DKI Jakarta tahun 2020 juga membuka tahap seleksi akhir, di mana sekolah yang belum tercukupi kuota siswanya dapat memperpanjang waktu seleksi.

Itulah panduan pendaftaran PPDB online SMP DKI Jakarta. Total ada tiga tahapan yang harus dilalui untuk bisa mendapatkan SMP di DKI Jakarta melalui PPDB. Ketiga tahapan pendaftaran cukup memakan waktu dan memerlukan syarat yang cukup banyak. Untuk itu, sebaiknya lakukan persiapan dari jauh-jauh hari. Semoga impian untuk dapat bersekolah di SMP impian dapat terwujud, ya!