Sebagai seorang umat beragama yang taat, Anda tentunya ingin selalu menerapkan nilai-nilai kristiani dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya dalam lingkungan keluarga, tapi juga lingkungan sekolah. Dalam hal ini, institusi pendidikan pun harus mendukung para guru maupun anak didik untuk selalu taat menerapkan nilai kristiani.

Sebagai sekolah terbaik di Jakarta Barat, Regina Pacis akan selalu mempertahankan pendidikan kristiani dengan menerapkan nilai-nilai kehidupan dan karakter anak. Berikut ini beberapa contoh nilai-nilai yang ditemukan dalam proses pembelajaran sehari-hari.


Nilai kasih

Nilai kasih adalah nilai-nilai Kristiani yang menjadi hukum Tuhan paling besar, utama, dan menjadi inti dari seluruh iman Kristen. Tanpa mewujudkan nilai kasih dalam kehidupan, maka semuanya akan sia-sia belaka. Di Regina Pacis, contoh penerapan nilai kasih dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah tercermin dari tindakan yang diambil guru dalam menegur siswa.

Alih-alih marah, guru akan menegur dengan penuh kasih. Sebaliknya, siswa pun akan diajarkan bagaimana menerapkan nilai kasih dengan cara menghargai guru yang menjelaskan, serta saling membantu antar teman ketika ada yang kesulitan atau saat berada di dalam satu kelompok kerja.


Kemurahan dan kebaikan

Nilai-nilai Kristiani berikutnya yang dapat ditemukan dalam kehidupan pembelajaran sehari-hari di sekolah Regina Pacis adalah kemurahan dan kebaikan. Nilai ini diimplementasikan dalam pembiasaan kepada siswa untuk selalu tersenyum ramah kepada teman maupun guru. Siswa juga bakal dibiasakan untuk memberi bantuan kepada teman yang kesulitan dan sebisa mungkin membantunya.


Kesabaran

Sikap dan sifat sabar haruslah dimiliki seluruh umat Kristen untuk dijalankan dalam kehidupan setiap hari. Kesabaran merujuk pada sikap tenang, tahan terhadap godaan, tidak tergesa-gesa, serta tidak gampang putus asa. Untuk mengimplementasikan nilai ini di lingkungan sekolah, Regina Pacis akan mengajak siswa agar selalu bersyukur atas kesempatannya bersekolah dan bersabar ketika hasil belajar belum sesuai keinginan.

Di sisi lain, guru pun akan selalu menerapkan nilai kesabaran selama proses belajar dan mengajar. Tidak mudah membentak, tidak marah, dan menahan emosi ketika ada siswa yang agak lama dalam menyerap pelajaran yang disampaikan.


Sukacita

Rasa sukacita yang dimiliki umat Kristen berasal dari rasa kepercayaan terhadap janji-Nya. Tuhan berjanji untuk selalu menyertai dan melindungi para umat yang percaya dan setia kepada-Nya. Di lingkungan sekolah, nilai-nilai Kristiani ini dapat diterapkan ketika menghadapi teman maupun hasil belajar. Bila ada teman yang berperilaku buruk, coba untuk berusaha menyelesaikan. Jika ada hasil ujian yang belum sesuai, tetap sukacita dan berusaha lebih baik lagi.


Damai sejahtera

Damai sejahtera adalah nilai-nilai kristiani yang sangat penting untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Damai sejahtera mengikuti istilah yang terdapat dalam Kejadian 43:27 yang artinya adalah ketenangan hati, sebab menyadari bahwa seluruh kehidupan kita ada di tangan Allah. Tuhan Yesus pun telah memberikan damai sejahtera bagi kita yang percaya.

Di dalam kehidupan sekolah Regina Pacis, nilai damai sejahtera dapat diimplementasikan dalam bentuk menjadi penengah ketika ada teman yang terlibat dalam perselisihan atau pertengkaran. Siswa akan diajarkan bagaimana tidak perlunya memulai sebuah pertengkaran dengan teman serta pentingnya meminta maaf terlebih dulu ketika berada dalam perselisihan.

Sekali lagi, sebagai sekolah swasta Katolik terbaik di Jakarta, Regina Pacis memastikan bahwa nilai-nilai kristiani akan selalu ditanamkan dan diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Anda tidak perlu khawatir memercayakan pendidikan buah hati ke sekolah Regina Pacis.