Materi dasar kepemimpinan siswa kerap diberikan di acara latihan dasar kepemimpinan. Latihan ini adalah kegiatan yang diadakan organisasi siswa di sekolah, misalnya OSIS, tiap kali ada pergantian kepengurusan dari senior ke junior.

Sebenarnya, latihan dan materi yang diberikan bukan untuk sebagai salah satu seleksi masuk OSIS. Lebih dari itu, materi dan latihan kepemimpinan memiliki banyak keuntungan bagi siswa. Mari simak apa saja keunggulan pemberian materi kepemimpinan untuk siswa.

Melatih kepercayaan diri

Selama pemberian materi dasar kepemimpinan, siswa akan diminta aktif berbicara dan berani menyampaikan pendapat akan studi kasus yang sedang dibahas. Biasanya, fasilitator latihan dasar kepemimpinan akan “menodong” siswa yang masih malu-malu dan ragu untuk mengutarakan opininya. Di tengah kondisi “dipaksa”, maka mau tidak mau peserta akan menyampaikan suaranya.

Tanpa disadari, siswa telah berani mengalahkan rasa takut maupun keraguan untuk menyampaikan pendapat. Dalam hal ini, ia sudah melatih kepercayaan diri dalam hal menyatakan pemikirannya di depan publik. Maka, pada sesi berikutnya, ia akan lebih berani untuk speak up. Pada akhirnya, ia akan jadi anak yang lebih pemberani saat di depan umum.


Meningkatkan kemampuan berpikir

Saat latihan dasar kepemimpinan, biasanya materi yang disampaikan dalam beberapa sesi. Salah satu contohnya adalah sesi kepemimpinan yang berisi bimbingan dan diskusi mengenai karakter pemimpin. Ada juga sesi komunikasi yang berisi materi tentang cara berkomunikasi layaknya seorang pemimpin, baik saat berbicara dengan orang yang dipimpin maupun pimpinan atasnya.

Siswa juga akan diajak mengikuti sesi problem solving. Sesi ini akan sangat melatih siswa dalam memecahkan masalah berikut dengan penyelesaiannya secara benar dan efektif. Harapannya, ia akan terbiasa berpikir cepat untuk menemukan inti dari permasalahan dan menemukan solusi terbaik.


Belajar menyelesaikan masalah

Dalam materi dasar kepemimpinan, tidak hanya materi tulis yang akan diajarkan, namun juga berbagai permainan yang akan mengasah kecepatan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah. Permainan ini dibuat bertingkat, dari level mudah hingga paling rumit. Pastinya, tantangan di tiap levelnya pun akan berbeda. Semakin tinggi level yang bisa dilaluinya, maka secara tidak langsung kemampuannya dalam menyelesaikan masalah pun ikut meningkat.


Meningkatkan kemampuan komunikasi dan interaksi

Latihan dasar kepemimpinan pastinya akan diikuti banyak anak. Biasanya dalam kelompok tersebut ada siswa yang berada di tingkat atas dan ada pula yang berasal dari di tingkat bawah atau junior. Mengikuti pelatihan dengan segala kegiatan yang dirancang dalam tim tentunya melatih siswa agar terbiasa berkomunikasi secara efektif, sehingga maksud yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh rekan tim.

Begitu pun dengan interaksi. Jangan kaget bila siswa yang biasanya malu-malu dan enggan mengutarakan pendapatnya, kini jadi lebih aktif berbicara dan dapat menyampaikan opininya secara jelas. Ini semua berkat materi yang ia jalani dalam latihan dasar kepemimpinan.

Materi dasar kepemimpinan pastinya akan terus dibutuhkan dalam kehidupan. Bahkan hingga siswa sudah lulus sekolah pun kemampuan berkomunikasi, berinteraksi, menyelesaikan masalah, dan kepercayaan diri akan berguna bagi mereka. Karena itulah materi ini sering menjadi pembelajaran di sekolah-sekolah.