Hampir setiap waktu yang kita habiskan sehari-hari tak lepas dari aktivitas berkomunikasi dengan sesama, baik teman, saudara, orang tua dan keluarga.

Tanpa kita sadari komunikasi yang kita lakukan menggunakan bahasa yang tentunya diketahui oleh pihak pihak yang berkomunkasi tersebut. Komunikasi juga terjadi selain dengan keluarga juga dengan teman baik dalam satu komunitas, lintas pulau bahkan sampai lintas negara.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mulai dari individu, keluarga, bahkan masing-masing negara dalam era globalisasi ini dituntut untuk bisa saling berkomunikasi dan bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh masing-masing negara dikarenakan adanya keterbatasan.

Sebelum sampai dalam taraf globalisasi seperti saat ini, sejak tahun 1000 dan 1500 sebelum masehi para pedagang dari Tiongkok dan India mulai menelusuri negara-negara lain, baik melalui jalur darat maupun jalur laut dengan tujuan untuk mendapatkan sesuatu yang tidak diperoleh oleh di negara asal mereka.

Dapat dibayangkan saat awal perdagangan tersebut tentunya bahasa untuk berinteraksi saat transaksi menjadi kendala yang sangat besar bagi para pendatang maupun dari penduduk yang dikunjungi dalam melakukan transaksi karena masing-masing menggunakan bahasa yang berbeda-beda. Lambat laun kendala bahasa semakin dirasakan seiring berkembangnya interaksi antar negara, sehingga dibutuhkan bahasa yang dapat dimengerti oleh sebagian besar banyak negara dan bahasa ini adalah bahasa yang bersifat internasional dan berlaku dalam jangka waktu panjang, sampai pada akhirnya digunakannya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang banyak digunakan di belahan dunia. Bahasa ini merupakan bahasa internasional atau bisa dibilang bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia. Setiap hari jutaan orang menggunakan Bahasa Inggris di tempat mereka bekerja maupun di dalam kehidupan sosial. Ketika kepala pemerintahan saling bertemu, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling sering digunakan. Dan ketika orang-orang dari negara lain yang berbeda saling bertemu, Bahasa Inggris satu-satunya bahasa penghubung yang digunakan mereka.

Sebagai perwujudan nyata pada masa sekarang ini, dimana penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, sudah menjadi hal yang biasa kita lihat sehari-hari dalam lingkup kehidupan di lingkungan kita seperti penggunaan alat komunikasi, perjalanan wisata, bisnis dan lain sebagainya. Oleh sebab itu sekolah tempat saya menimba ilmu juga telah menyiapkan beberapa program bagi peserta didik untuk meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris.

Dari hal ini bisa dibuktikan bahwa sekolah pun juga mengedepankan Bahasa Inggris bagi para peserta didik begitu pula menjamurnya tempat tempat kursus Bahasa Inggris yang membuat program-program yang sangat menarik serta menunjang kemampuan kita dalam menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Tapi bagaimana dan mengapa Bahasa Inggris sangat penting dan berpengaruh bagi kehidupan di masa depan khususnya bagi para remaja di masa sekarang?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kita bisa mengurutkan latar belakang mengapa Bahasa Inggris penting terlebih dahulu. Mungkin sebagai warga Indonesia, seringkali kita berpikir alasan mengapa kita perlu menggunakan Bahasa Inggris bahkan menjadi salah satu pelajaran wajib bagi sekolah yang ada di Indonesia, perkuliahan bahkan dalam pekerjaan. Tentu ada alasan mengapa Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang juga salah satu pendorong adanya hubungan antar negara yang menjadi penggerak utama globalisasi.

Alasan Bahasa Inggris Menjadi Bahasa International



Pengaruh Kerajaan Inggris

Ratusan tahun yang lalu, kerajaan Inggris adalah kerajaan yang memiliki wilayah jajahan terluas dan tersebar di seluruh dunia sehingga Bahasa Inggris kemudian menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di daerah koloninya serta wilayah persemakmurannya. Bahasa Inggris oleh karena itu menjadi bahasa komunikasi dalam perdagangan di berbagai benua termasuk Asia yang menghasilkan rempah rempah yang dibutuhkan masyarakat Eropa.

Revolusi Industri

Terjadinya revolusi industri di Inggris pada abad ke-18 dimana negara tersebut membuat berbagai mesin produksi, salah satunya adalah mesin untuk produksi tekstil yang tentu saja dibutuhkan oleh masyarakat dari berbagai penjuru dunia, karena semua orang mengenakan pakaian dan panduan penggunaan ditulis dalam Bahasa Inggris. Oleh sebab itu, jika ada yang ingin mengekspor mesin-mesin tersebut ke negaranya masing-masing, harus mempelajari Bahasa Inggris untuk mengerti bagaimana tata cara penggunaan alat.

Perang Dunia

Setelah perang dunia berakhir, kondisi di dunia benar-benar berubah. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk negara Amerika. Justru, bisa dikatakan bahwa kondisi ekonomi Amerika saat itu sedang meroket. Sehingga membuat orang-orang dari berbagai belahan dunia berlomba-lomba untuk bisa melakukan perdagangan dengan negara ini. Oleh sebab itu, banyak orang yang sengaja mempelajari Bahasa Inggris agar bisa masuk ke dalam industri perdagangan atau bisnis di Amerika yang secara tidak langsung memperkuat posisi Bahasa Inggris di mata dunia.

Terciptanya Internet

Perkembangan ekonomi dan bisnis di Amerika Serikat yang kian melesat, di saat yang bersamaan, Internet diciptakan di negara tersebut menciptakan segala macam perangkat komputer beserta isinya dibuat dalam Bahasa Inggris. Saat negara lain ingin membeli produk komputer dari Amerika, mau tidak mau mereka harus beradaptasi dengan penggunaan Bahasa Inggris dengan mempelajarinya. Dengan begitu, mereka bisa mengikuti perkembangan teknologi yang memang berkembang dari Amerika ini. Oleh karena itu, penggunaan Bahasa Inggris tumbuh semakin luas secara global.

Manfaat BerBahasa Inggris

Dari hal ini, kita dapat melihat dari sudut pandang tertentu dimana kita bisa mendapatkan manfaat dari BerBahasa Inggris.

  • • Mampu berkomunikasi dengan orang luar negeri karena kita menggunakan bahasa yang sama yaitu Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional.

  • • Memudahkan kita jika melakukan perjalanan, karena petunjuk yang ada di tempat wisata pada umumnya menggunakan Bahasa Inggris selain bahasa lokal.

  • • Terjalinnya hubungan antar negara dengan baik transaksi bisnis seperti ekspor-impor, pertukaran pelajar, maupun dari segi politik.

  • • Pertukaran kebudayaan, dimana kita bisa mempelajari seni dan budaya negara lain dengan kemampuan kita dalam menggunakan Bahasa Inggris.

  • • Kemajuan dalam bidang teknologi dimana kita ketahui segala jenis teknologi menggunakan Bahasa Inggris seperti: TV, Smarphone, laptop, komputer dan lain-lain dimana segala petunjuk penggunaan teknologi tersebut menggunakan Bahasa Inggris dan bahasa lokal dari negara pembuat.

  • • Pengetahuan menjadi bertambah, karena kemampuan kita dalam berBahasa Inggris membuat kita menjadi mengetahui segala ilmu yang ada di belahan dunia lainnya lewat buku yang kita baca serta media online lainnya seperti facebook, instragram, youtube dan lain-lain.

  • • Tidak hanya itu saja, tapi juga mempelajari Bahasa Inggris bermanfaat bagi pola pikir kita yaitu kita menjadi lebih berpikir rasional. Hal ini dikarenakan untuk mereka yang memiliki keahlian dalam dua bahasa tentu akan membuat otaknya dapat memproses apa-apa saja masalah yang mendera, kemudian mengambil keputusan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut tanpa menggunakan emosi semata. Mereka yang menguasai dua bahasa secara langsung akan membuat logika mereka terasah dan bisa mengambil keputusan yang nantinya tidak berdampak negatif di masa yang akan datang.

  • • Pada zaman sekarang, dalam mempelajari sesuatu sangatlah mudah dan bisa dari mana dan kapan saja tanpa dibatasi ruang dan waktu. Berbeda dengan jaman dulu yang hanya meminjam buku dari perpustakaan ataupun sebatas berdiskusi dan bertukar pikiran. Sekarang ada banyak media yang bisa memudahkanmu; seperti internet salah satunya. Baik itu buku ataupun internet, keduanya banyak yang menggunakan Bahasa Inggris. Dengan memahami Bahasa Inggris, akan dapat mempelajari dan menyerap pengetahuan dengan mudah dari media belajar tersebut.

  • • Sumber Daya Manusia yang kompeten bagi suatu bangsa, dimana bangsa yang maju adalah bangsa yang bisa menguasai teknologi, jika kita sebagai anak bangsa dapat menguasai Bahasa Inggris maka ke depannya dimana kita sebagai penerus bangsa akan menjadi Sumber Daya Manusia yang mampu memajukan negara kita tercinta.


Dengan banyak manfaat yang kita peroleh menunjukan bahwa Bahasa Inggris sangatlah penting bagi kehidupan kita di masa yang akan datang karena tanpa kemampuan berBahasa Inggris kita akan menjadi seperti istilah “Katak di bawah tempurung” dimana kita akan tertinggal jauh dari kehidupan orang-orang yang ada di sekitar kita bahkan di dunia luar.

Dengan berBahasa Inggris maka kita akan membuka “jendela Dunia” dimana banyak hal hal berharga yang dapat kita raih sebesar besarnya, kita tidak perlu takut dalam bersaing baik di kancah nasional maupun di kancah International. Segala harapan dan cita cita kita akan terwujud dan masa depan yang gemilang menanti kita di ujung pengharapan.

Oleh karena itu, marilah kita belajar Bahasa Inggris bukan hanya untuk mempersiapkan diri di masa depan, namun juga demi perkembangan dan kemajuan negara ke depannya.

Penulis : Christie Natasha

Saya generasi muda yang peduli literasi! Artikel ini ditulis sebagai bentuk serta EF Literacy Day Competition 2021:https://www.ef.co.id/writing-competition

Sumber :

  • • https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/gaya-hidup/alasan-bahasa-inggris-menjadi-bahasa-internasional/
  • • https://squline.com/manfaat-belajar-bahasa-inggris/