Student Development

Tujuan sekolah adalah menyelenggarakan pendidikan yang memberdayakan kaum muda menjadi pribadi yang mandiri, cerdas dalam belajar dan hidup, memiliki semangat ketangguhan, pantang menyerah, beriman kepada Tuhan dan menjadi pembawa damai.

Pendekatan pembelajaran berpusat pada peserta didik yang aktif, kreatif dan inovatif dengan memperhatikan berbagai kecerdasan yang dimiliki peserta didik, secara holistik.

Berbagai Model pembelajaran digunakan untuk memberdayakan peserta didik terutama Model pembelajaran tematik terpadu (PTP) atau integrated thematic instruction (ITI), pendekatan Scientific dan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and BeaLearning (CT), serta model lain yang relevan. Konsep dan teori diterapkan dan dikaitkan dengan kehidupan yang nyata, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna bagi kehidupan peserta didik.

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum nasional dipadukan dengan kurikulum Cambridge.

Kegiatan-kegiatan yang mengembangkan berbagai aspek kepribadian peserta didik:

  • Kecerdasan Intelektual: Karya tulis ilmiah, Penelitian, Kelompok Ilmiah Remaja dll.
  • Kecerdasan ketangguhan: Out bound, live in, eksposure, pembinaan dalam berorganisai, kepemimpinan dan penyelenggara kegiatan (EO), dll.
  • Kecerdasan Spiritual: Rekoleksi, retret, renungan, refleksi, doa-doa harian, Perayaan Ekaristi dan Ibadat dll.
  • Kecerdasan Sosial dan Emosional : Bakti Sosial, kerja kelompok, kerja bakti dll.

Profil lulusan

  • Menghayati imannya sendiri, dapat berdoa spontan dan beribadah secara benar
    menghormati perbedaan dan cinta damai. Mampu membedakan yang baik dan tidak baik berdasarkan suara hati, hasil dari refleksi & pertimbangan moralnya. Menghargai budaya lokal, nasional dan global. Mematuhi aturan yang berlaku di lingkungan dimana dia tinggal didasari pemahaman untuk apa peraturan itu ditaati.
  • Memiliki daya juang, sikap sederhana dan kreatif & inovatif. Berperilaku S5R (senyum, salam, sapa, sopan, santun dan rapi). Bersikap jujur, disiplin, tertib, bertanggung jawab, mandiri.
  • Menunjukkan kemampuan bekerja sama dan dapat bersosialisasi secara baik. Menunjukkan kepekaan dan kepedulian terhadap sesama, kebersihan, lingkungan sekitar, alam, sosial, budaya dan terlibat dalam mengembangkanya.
  • Menunjukkan kecakapan yang tinggi dalam berbahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin. Menunjukkan kecakapan yang tinggi dalam mengakses dan mengolah informasi dari berbagai sumber (internet, dll.)
  • Menunjukkan pemahaman atas potensi serta perkembangan dirinya sebagai remaja.
  • Menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri yang mengembangkan kecerdasan ganda. (Pidato, presentasi tugas dst) melalui berbagai cara: Medsos dan bentuk kesenian.
  • Menunjukkan kemampuan belajar akademis yang kuat, bernalar, dan daya juang yang tinggi untuk belajar di jenjang berikutnya.