News

Recisian Pembawa Damai

Kata Regina Pacis berasal dari bahasa Latin yang berarti Ratu Damai. Ratu Damai adalah sebutan yang diberikan kepada Bunda Maria, ibu Tuhan Yesus. Sebutan ini berkaitan dengan kesiapsediaan Maria untuk menjadi ibu Yesus; mengandung Yesus dari Roh Kudus atau Roh Allah. Dalam Rahim Maria, hadir Yesus, Allah yang mejadi manusia, Allah yang mendatangi manusia, ke-Allahan dan kemanusiaan menyatu dalam diri Yesus.

Dengan kesiapsediaannya ini Maria telah membuka pintu bagi manusia untuk bersatu dengan Allah, untuk kembali kepada Allah, untuk rekonsiliasi dengan Allah. Allah dalam diri Yesus menghampiri dan merangkul manusia yang menjauhi Allah, yang melanggar perintah-Nya. Yesus dengan tangan terbuka menanti manusia untuk hidup dalam persekutuannya. Maria dalam hal ini memberikan Yesus kepada manusia melalui kelahiran Yesus, sekaligus juga membawa manusia kepada Putra-nya Yesus. Maria dengan demikian menjadi pembawa damai antara surga dan dunia dalam diri Yesus.

Seluruh warga Sekolah Regina Pacis Jakarta dengan sendirinya menjadi para pembawa damai yang kami sebut sebagai Recisian, mengikuti teladan Maria Ratu Damai. Sebagai Recisian kita mengemban tugas atau diutus untuk menjadi duta damai, menghadirkan Allah dalam hidup kita dan orang-orang disekitar kita, sekaligus juga mengantar manusia menuju kepada Allah, Raja Damai. Untuk bisa menjadi duta damai, kita yang pertama harus menghadirkan Allah dalam hidup dan diri kita, membiarkan Allah merajai dan membimbing hidup kita untuk menjadi semakin baik sebagai para pembawa damai sehingga suasana Kerajaan Allah mejadi terasa oleh kehadiran kita dan di tempat kita hidup. Doa dengan demikian menjadi sangat penting bagi Recisian supaya bisa menjadi Pembawa Damai.

Di Sekolah ada banyak cara untuk berdoa, mulai dari doa pembuka dan penutup setiap pelajaran atau kegiatan, doa Angelus pada pukul 12.00, doa Rosario, doa Jalan Salib, Doa Novena, Perayaan Ekaristi, Sakramen Pengakuan, Ibadat Sabda, membaca dan merenungkan Kitab Suci, persekutuan doa. Dengan kegiatan berdoa ini diharapkan kita semua menjadi semakin dekat dengan Tuhan dan Maria ibu Tuhan Yesus.

Leave a comment