News

Pendidikan Karakter

Seorang ibu dari peserta didik kami, mengucapkan beribu terima kasih kepada sekolah karena  putrinya menunjukkan perubahan perilaku setelah  menjadi panitia Lomba Olah raga dan Seni se Jabotabek yang diadakan di sekolah.  Perilaku yang berubah itu ialah dari tidak peduli terhadap kebersihan menjadi sangat peduli pada kebersihan di rumahnya. Ia bahkan sering menasihati adik-adiknya untuk membuang sampah dan memungut sampah yang berceceran  tanpa mempermasalahkan siapa yang membuangnya.

Putri ini salah seorang anggota dari Seksi Kebersihan yang tugasnya adalah menjaga  kebersihan  sekolah selama pertandingan berlangsung. Seksi kebersihan membagi tugas menurut lokasi, ada yang bertugas di toilet, di kelas, di selasar,  di lapangan dan di sekitar tempat para penjual makanan. Putri bertugas di lapangan dan di tempat para penjual makanan. Dia dengan beberapa temannya  berkeliling memungut sampah yang terbuang sembarangan, meskipun sudah ada tempat sampah. Tugas ini dilakukan dengan setia dan gembira, mereka senang jika lokasi tempat mereka bertugas manjadi bersih sehingga mampu memberikan rasa nyaman dan asri kepada para peserta lomba dari berbagai sekolah. Rasa senang ini diungkapkan dalam evaluasi dan refleksi pada sore hari setiap  selesai pertandingan.

Pendidikan karakter di sekolah selain diberikan melalui pengajaran juga melalui keikutsertaan dalam berbagai kegiatan di sekolah yang disertai dengan refleksi. Peserta didik terlibat langsung dalam berorganisasi dan dalam kepanitiaan yang mengasah ketrampilan memimpin, mengelola sebuah kegiatan, ketrampilan berkomunikasi, bernegosiasi, kerja sama dan berjejaring, yang semua nya itu sangat diperlukan ketika mereka bekerja.

Peserta didik belajar dengan melakukan bagaimana merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi suatu kegiatan. Peserta didik juga belajar bagaimana memecahkan masalah yang dihadapi. Kegiatan sekolah dan aktivitas belajar di kelas dan di luar kelas di sediakan untuk mengantar peserta didik menjadi cerdas dalam belajar dan dalam hidup, memiliki ketangguhan dalam menghadapi berbagai tantangan agar tidak mudah menyerah, dan dengan kesadaran akan Tuhan yang selalu menyertai mereka.

 

Leave a comment