News

SMA Regina Pacis ; Social Entrepreneurship

SMA Regina Pacis mengadakan acara setiap tahun yang disebut ‘Bakti Sosial.” Dalam Bakti Sosial, peserta didik dalam satu kelas diminta untuk merancang kegiatan kunjungan ke Panti Asuhan, Rumah Jompo dan Rumah Singgah. Mereka menyusun acara untuk menghibur saudara-saudari di Panti dan membawa bingkisan yang dibutuhkan oleh Panti. Setiap kelas berusaha mencari dana untuk memberi bingkisan. Mereka tidak  diperkenankan mencari dana dengan meminta kepada orang tua maupun donatur. Maka peserta didik berupaya mencari cara bagaimana supaya bisa mendapat dana yang dibutuhkan.

Dari situ bermunculan berbagai ide diantaranya: bagi mereka yang pandai bernyanyi dan bermain musik merencanakan untuk mengamen di beberapa restauran, bagi mereka yang suka memasak, dengan senang hati mengumpulkan uang jajan nya untuk membeli bahan-bahan mentah  lalu bersama-sama membuat kue  yang  besok paginya dijual,  ada juga yang mengumpulkan barang-barang bekas untuk dijual lagi, mereka yang mempunyai akses ke studio TV, menjadi penonton bayaran dalam suatu acara, ada juga yang menjual jasa mencuci mobil. Dengan bermodalkan apa adanya dan apa yang ada pada mereka disertai dengan doa, pada akhirnya mereka mampu mengumpulkan dana yang dibutuhkan. Mereka semakin percaya diri bahwa mereka bisa melakukan sesuatu yang berguna untuk orang lain dengan bermodalkan kemauan, bakat dan semangat pantang menyerah yang Tuhan anugerahkan kepada mereka.

Peserta didik juga menyusun panitia, berbagi tugas dan tanggung jawab agar kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Mereka bekerja saling melengkapi dalam semangat kerja sama, fokus pada tujuan dan pada pemecahan masalah dari setiap persoalan yang mereka hadapi.

Puncak kegiatan yang paling berkesan adalah ketika mereka mengunjungi Panti, bisa hadir, ada bersama dan berbagi dengan mereka yang lemah dalam semangat kesederhanaan, persahabatan dan kegembiraan.

 

Leave a comment